Pilihan Fakultas & Jurusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Pilihan Fakultas & Jurusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) - Salah satu pilihan universitas negeri di kota pelajar Yogykarta adalah Universitas Negeri Yogyakarta(UNY). Dalam sejarahnya UNY berdiri pada tanggal 21 Mei 1964. Sebelum menjadi Universitas kampus ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta.

Perubahan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tidak semulus yang dibayangkan. Perubahan ini menuai kritik keras dari masyarakat karena dikhawatirkan dengan perubahan dari IKIP Yogykarta menjadi UNY terjadi penelantaran pendidikan guru. Hal ini menjadi tolak ukur bahwa keberadaan IKIP Yogyakarta pada masa itu sangat penting sebagai institusi penghasil guru yang berkualitas.

Kecemasan yang muncul di masyarakat menjadi semangat tersendiri pihak civitas akademik untuk tetap mempertahankan pendidikan guru dengan kualitas yang lebih baik, harapannya perubahan ini dapat meningkatkan sistem pendidikan guru karena para dosen di jurusan dapat melakukan fertilisasi silang keilmuan antara mereka yang berlatar belakang kependidikan dan berlatar belakang ilmu dasar.

Pada tahun 2007, survey dari Ditjen Dikti RI menyatakan bahwa UNY merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependididkan (LPTK) diantara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promosing university) ke kelas dunia. Untuk itu UNY segera membentuk tim Pengembang UNY menuju World class university (WCU) yang diantaranya bertugas menyiapkan kisi-kisi instrument pengembangan UNY menuju WCU.

Kerja keras tersebut menuai hasil pada tahun 2009, sebanyak 11 unit kerja di UNY dinyatakan layak menerima setifikat ISO 9001:2000 yang dikeluarkan oleh PT. Sucifindo Jakarta. Upacara penyerahan Sertifikat ISO 9001:2000 tersebut dilakukan Mendiknas RI, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA. Pada 21 April 2009 melalui menteri Keuangan RI No. 130/KMK.05/2009, UNY telah ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) secara penuh. Pada tahun 2010, UNY menerapkan ISO 9001:2008.

Saat ini UNY terus berupaya meningkatkan diri melalui peningkatan kualitas manajemen institusi pendididkan dan dosen, keunggulan dan kepemimpinan, maupun dukungan fasilitas disemua fakultas dan unit-unit bertaraf internasional. Sejak tahun 2007 UNY telah mengembangkan paradigm pembelajaran online terpadu (E-learning UNY) dan berlangganan jurnal elektronik dari proQuest yang memuat tidak kurang dari 700 jurnal internasional di bidang pendidikan. Akses LAN di area kampus melalui nirkabel juga telah tersedia melalui hotspot wifi di 43 titik strategis dengan coverage area mencapai 80% wilayah kampus. Di samping itu, UNY juga tengah membangun networking dengan berbagai universitas dan pusat riset seluruh dunia.

Bagaimana sekilas informasi tentang profil Universitas Negeri Yogyakarta menarik bukan? Nah buat kalian yang penasarana dengan apa saja sih Fakultas, Jurusan dan Prodi di UNY ini, berikut kami informasikan selengkapnya:
No Fakultas Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan / Program Studi (Prodi) UNY
1. Fakultas Ilmu Pendidikan Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan Luar Sekolah
Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Pendidikan Sekolah Dasar
Psikologi
Administrasi Pendidikan
Pendidikan Guru Anak Usia Dini
2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan Matematika
- Prodi Pendidikan Matematika
- Prodi Matematika
Pendidikan Fisika
- Prodi Pendidikan Fisika
- Prodi Fisika
Pendidikan Kimia
- Prodi Pendidikan Kimia
- Prodi Kimia
3. Fakultas Bahasa dan Seni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia
- Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
- Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
- Prodi Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan Bahasa Jerman
Pendidikan Bahasa Perancis
Pendidikan Bahasa Daerah
- Prodi Pendidikan Bahasa Jawa
Pendidikan Seni Rupa
- Prodi Pendidikan Seni Rupa
- Prodi Pendidikan Seni Kriya
Pendidikan Senin Musik
Pendidikan Seni Tari
4. Fakultas Ilmu Sosial Administrasi Negara
Pendidikan IPS
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi
Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Pendidikan Sosiologi
Prodi Ilmu Komunikasi
5. Fakultas Teknik Pendidikan Teknik Elektro
Pendidikan Teknik Elektronika
Pendidikan Teknik Mesin
Pendidikan Teknik Otomotif
Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Pendidikan Teknik Boga dan Busana
6. Fakultas Ilmu Keolahragaan Pendidikan Olahraga
Pendidikan Kepelatihan
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
7. Fakultas Ekonomi Pendidikan Administrasi
Pendidikan Akuntansi
Pendidikan Ekonomi
Manajemen
Infromasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Jl. Colombo No.1 Yogyakarta 55281
Telepon : +62-274-586168
Humas   : (0274) 542185,
Email Humas :humas@uny.ac.id
Website: http://www.uny.ac.id

Sekian informasi tentang Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), untuk update informasi terbaru seputar kampus-kampus terbaik di Indonesia, kalian bisa klik Like / Suka pada halaman facebook Jurusan Kampus.


Kirim Komentar